Pemasaran
Pengertian :
Inti Pemasaran adalah mengidentifikasi dan memenuhi
kebutuhan manusia dan social. Salah satu definisi baik dan singkat adalah
“memenuhi kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.
American Marketing Association ( AMA
) mendefinisikan secara formal :
“ Pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian
proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan memberi nilai kepada pelanggan
dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara menguntungkan organisasi dan
pemangku kepentingan ( stake holder ).”
Manajemen Pemasaran adalah seni dan ilmu memilih pasar
sasaran dan meraih, mempertahankan , serta menumbuhkan pelanggan dengan
menciptakan, menghantarkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.
Definisi social dari pemasaran adalah sebuah proses kemasyarakatan
di mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan
dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa
yang bernilai kepada oranglain.
Tujuan Pemasaran:
Peter Drucker, ahli teori manajemen mengemukakan :
“ Selalu akan ada kebutuhan akan penjualan, Namun tujuan dari pemasaran
adalah membuat penjualan berlimpah, mengetahui dan memahami pelanggan dengan
baik, sehingga produk dan jasa bisa sesuai dengan kebutuhannya yang otomatis
akan terjual dengan sendirinya. Idealnya pemasaran harus menghasilkan seorang
pelanggan yang siap untuk membeli, dengan demikian yang dibutuhkan hanyalah
memastikan produk barang dan jasa tersedia
Sehingga dapat di simpulkan tujuan
Pemasaran adalah :
- Mengetahui dan memahami kebutuhan pelanggan
- Menghasilkan pelanggan yang siap menerima dan membeli
produk yang dipasarkan
- Meningkatkan angka penjualan
Produk yang dipasarkan :
- Barang, barang barang fisik yang dapat dipasarkan
- Jasa
- Acara, pemasaran mempromosikan acara berdasarkan waktu
- Pengalaman
- Orang dalam artian pemasaran akan skill dan sumber daya
yang dimiliki orang tertentu contohnya : Artis, dokter,pengacara, dan ahli
keuangan.
- Tempat, memasarkan dengan mempromosikan sumber daya yang
dimiliki suatu daerah
- Properti seperti rumah, tanah, surat berharga ( property
finansial )
- Organisasi adalah agar dapat dikenal oleh masyarakat
umum dengan tujuan untuk mendapatkan simpati atau dukungan, donasi, dan
lainnya.
- Informasi
Pemasar ( marketer ) adalah seseorang yang mencari respon
perhatian, pembelian, dukungan,sumbangan dari pihak lain yang disebut prospek (
Prospect ). Jika kedua pihak ingin menjual sesuatu antara satu sama lain maka
keduanya disebut pemasar.
8 ( delapan ) kemungkinan permintaan
yang mungkin terjadi :
- Permintaan negative:
Konsumen tidak menyukai produk bahkan berusaha menghindari
- Permintaan yang tidak ada : Konsumen mungkin tidak
menyadari atau tidak tertarik
- Permintaan laten : Konsumen memiliki kebutuhan yang kuat
yang tidak terpenuhi oleh produk yang ada.
- Permintaan yang menurun : Konsumen mulai jarang membeli
atau tidak membeli
- Permintaan tidak teratur : Konsumen membeli secara
musiman
- Permintaan penuh : Konsumen membeli semua produk yang
dilempar kepasar
- Permintaan berlimpah : Konsumen mau membeli produk lebih
banyak dari produk yang ada.
- Permintaan tak sehat : Konsumen mungkin tertarik akan
produk yang memiliki konsekuensi social yang tidak diinginkan.
Pasar
Pasar adalah sekumpulan pembeli dan penjual yang bertransaksi atas suatu
produk atau kelas produk tertentu.
5 Jenis pasar dasar :
1.
Pasar
Konsumen, adalah dimana perusahaan menyediakan barang kebutuhan yang siap
digunakan oleh konsumen, seperti minuman ringan,makanan, pakaian.
2.
Pasar
bisnis adalah dimana pembeli adalah pembeli yang professional dimana produk
yang dibeli akan dijual kembali.
3.
Pasar
Global adalah dimana pemasaran sudah mencakup antarnegara ( internasional )
4.
Pasar
nirlaba pasar dimana pembelinya adalah organisasi nirlaba seperti sekolah,rumah
sakit, dan lain lain, mereka menetapkan harga secara seksama karena memiliki
daya beli yang terbatas.
5.
Pasar
Pemerintah adalah pasar dimana pemerintah adalah target pembeli, biasanya dengan system tender dimana lebih memilih
tawaran harga rendah tanpa mengurangi kualitas barang. ( sama seperti pasar
nirlaba karena memiliki daya beli yang terbatas ).
Bauran Pemasaran ( Marketing Mix )
Bauran Pemasaran ( Marketing Mix )
Tugas seorang manajer pemasaran :
- Memperkuat merk
- Mengukur keefektifan pemasaran
- Mengarahkan pengembangan produk baru didasarkan
kebutuhan pelanggan
- Mengumpulkan ide ide dari pelanggan
- Menggunakan teknologi pemasaran yang baru.
Inti dari Pemasaran
Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan
- Kebutuhan adalah syarat hidup dasar
manusia. Seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, rekreasi, pendidikan
dan lain lain.
- Keinginan adalah kebutuhan kebutuhan yang
diarahkan ke objek tertentu yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut.
- Permintaan adalah keinginan akan produk
produk tertentu yang didukung kemampuan untuk membayar.
5 tipe kebutuhan :
- Kebutuhan yang dinyatakan ( pelanggan menginginkan mobil
murah )
- Kebutuhan yang sebenarnya ( keinginan biaya
operasionalnya rendah dan bukan hanya harga awalnya yg rendah )
- Kebutuhan yang tidak dinyatakan ( Keinginan pelayanan
yang baik )
- Kebutuhan kesenangan ( keinginan tambahan feature
tambahan dari produk yang ada, seperti alat sound sisten dan navigasi pada
mobil )
- Kebutuhan rahasia ( Pelanggan ingin agar dirinya tampak
lebih berkelas dengan produk yang ditawarkan/dibelinya )
Pasar sasaran, Positioning, dan
Segmentasi
Segmentasi, Pengelompokan pembeli berdasarkan
perbedaan demografis, psikologi, dan perilaku diantara pembeli
Pasar sasaran segmen yang member peluang besar dalam keberhasilan pemasaran
Positioning penawaran pasar yang diposisikan
dalam benak pembeli sasaran sebagai keuntungan utama
Penawaran dan Merk
Penawaran adalah proporsi nilai atau
serangkaian keuntungan yang ditawarkan kepada pembeli yang dapat berupa
kombinasi produk, jasa, informasi, dan pengalaman.
Merk adalah suatu penawaran yang sumbernya
di ketahui.
Nilai dan kepuasan
Nilai adalah sejumlah manfaat yang berwujud
maupun tidak berwujud dan biaya yang dipersepsikan oleh pembeli, nilai adalah
kombinasi qualitas, pelayanan, dan harga ( Quality, Service, Price “ QSP” atau
3 elemen nilai pelanggan ).
Kepuasan adalah penilaian pelanggan atas
kinerja produk yang sesuai dengan ekspektasi, dan akan berubah menjadi
kesenangan bila kinerja produk melebihi ekspektasi
Saluran Pemasaran
Saluran pemasaran adalah saluran untuk mencapai pasar sasaran, ada 3 jenis yaitu :
- Saluran komunikasi
- Saluran distribusi
- Saluran layanan
Rantai Pasokan ( Suply chain )
Rantai pasokan adalah saluran yang lebih panjang
yang membentang dari bahan mentah hingga komponen sampai produk akhir yang
dihantarkan ke pembeli akhir dengan tujuan
meraih prosentasi lebih tinggi bila dapat memperluas bisnisnya ke hulu
atau kehilir.
Persaingan
Lingkungan Pemasaran
Terdiri dari lingkungan tugas dan lingkungan luas
Lingkungan Tugas : Mencakup para pelaku yang terlibat
dalam produksi, distribusi, dan promosi penawaran.
Lingkungan Luas ,
terdiri dari enam komponen diantaranya :
- Lingkungan demografis
- Lingkungan ekonomi
- Lingkungan teknologi
- Lingkungan fisik
- Lingkungan Politik dan Hukum
- Lingkungan social – Budaya
Tugas manajemen Pemasaran
- Mengembangkan strategi dan
rencana pemasaran
- Menangkap pemahaman atau gagasan
pemasaran
- Berhubungan dengan pelanggan
- Membangun merk yang kuat
- Membentuk penawaran pasar
- Menghantarkan nilai
- Mengkomunikasikan nilai
- Menciptakan pertumbuhan jangka
panjang
Model
Perilaku Pembelian
Pengertian
: Pasar konsumen terdiri
individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang/jasa untuk
keperluan pribadi/konsumsi.
pemasar perlu melakukan segmentasi dan mengembangkan produk/jasa yang
sesuai dengan kebutuhan/keinginan mereka.
Manajer pemasaran perlu melakuan
penelitian pasar untuk mendapatkan jawaban penting mengenai pasar, yang disebut
7.O
Occupants,
Object,
Objective,
Organization,
Operation,
Occasions
Outlets.
Faktor utama yang mempengaruhi
perilaku pembeli :
Buyers characteristic ( Karakter
pembeli )
Cultural:
- Budaya :
Faktor penentu yang paling dasar dari keinginan dan perilaku seseorang.
Nilai, persepsi, preferensi, dan perilaku seseorang diperoleh dari
kebudayaan di mana mereka berasal.
- Sub Budaya Þ
Bagian dari kebudayaan yang memberikan identifikasi dan sosialisasi yang
lebih spesifik untuk para anggotanya. Sub budaya dibedakan : Kelompok
nasionalisme, Kelompok keagamaan, Kelompok ras, dan Area geografis.
- Kelas Sosial.
Seluruh masyarakat memiliki stratifikasi sosial yang dapat berbentuk
sistem kasta, namum umumnya berbentuk kelas sosial. Kelas Atas Puncak, Kelas Atas Bawah, Kelas Menengah Atas,
Kelas Menengah, Kelas Bekerja, Kelas Bawah Atas, dan Kelas Bawah Bawah.
Faktor social :
- Kelompok acuan (Reference
Groups) : terdiri dari seluruh kelompok
yang berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap sikap dan prilaku
seseorang.
1. Kelompok
keanggotaan : keluarga,
teman, tetangga, teman sejawat dll Þ Kelompok
primer & sekunder
2.
Kelompok aspirasional
3.
Kelompok dissosiatif
4.
Pemimpin opini (opinion leader)
§ Keluarga
Keluarga orientasi (family of
orientation) terdiri dari orang tua dan saudara kandung.
Keluarga prokreasi (family of
procreation) yaitu pasangan (suami atau istri) dan anak-anak.
§ Peran
dan Status
: seseorang umumnya
berpartisipasi dalam kelompok selama hidupnya : keluarga, organisasi, kelompok dsb.
Posisinya dalam kelompok tsb didefiniaisikan berdasarkan peran dan statusnya.
- Peran (role)
meliputi kegiatan yang diharapkan akan dilakukan seseorang oleh orang-orang di sekitarnya.
- Setiap peranan membawa status
Þ mencerminkan harga diri
menurut masyarakat di sekitarnya.
Faktor Pribadi
Usia dan tahap hidup : Umur dan tahapan bayi, balita,anak
anak,remaja,dewasa,manula
Pekerjaan dan keadaan ekonomi
Gaya hidup :
Bagaimana
gaya hidup diidentifikasi.
Identifikasi gaya hidup Þ basis psikologis
1. Kerangka Kerja Aktivitas,
Minat, dan Pendapat / AIO).
2. Kerangka Vals (Value Lifestyle) Þ setiap orang akan melalui tahapan
pengembangan. Setiap tahap akan mempengaruhi sikap, perilaku dan kebutuhan
psikologis seseorang.
9 ( Sembilan ) nilai gaya hidup ( Vals = Value Lifestyle ):
1.
Survivor
2.
Sustainer
: didorong oleh kebutuhan
3.
Belonger
4.
Emulator
5.
Achiever
6.
I’m
me
7.
Experientiels
8.
Sociatelly
Concius
9.
Integrited
: Didorong dari dalam
Kepribadian dan Konsep Diri
Kepribadian adalah
karakteristik psikologis seseorang yang berbeda dengan orang lain, menyebabkan
tanggapan relatif konsisten dan bertahan lama terhadap lingkungannya.
Brand
personality (kepribadian merek) adalah bauran spesifik ciri/sifat
manusia yang dapat dihubungkan dengan merek khusus/khas.
Sincerity (keikhlasan/ketulusan)
Excitement (membangkitkan gairah)
Competence (kompetensi/kemampuan)
Sophistication (berpengalaman)
Ruggedness (kekasaran)
Self-concept (konsep-diri)
Person’s actual self-concept (bagaimana
dia memandang dirinya)
Ideal self-concept (ingin memandang
dirinya seperti apa)
Faktor Psikologis
Faktor Psikologi
Motivasi
Motive (motif) adalah kebutuhan yang
cukup mendorong seseorang untuk bertindak.
Persepsi
Persepsi adalah proses yang digunakan oleh seorang
individu untuk memilih, mengorganisasi, dan menginterpretasi masukan-masukan
informasi guna menciptakan gambaran dunia yang memiliki arti.
§ Perhatian
Selektif Orang
cenderung lebih memperhatikan stimuli yang berhubungan dengan kebutuhannya saat
ini.
§ Orang
cenderung lebih memperhatikan stimuli yang telah mereka antisipasi. Orang cenderung
lebih memperhatikan stimuli yang deviasinya besar dalam kaitannya dengan ukuran
normal stimuli.
§ Distorsi
selektif adalah kecendrungan orang untuk mengubah informasi menjadi bermakna
pribadi dan menginterpretasikan informasi itu dengan cara yang akan mendukung
pra-konsepsi mereka.
§ Retensi
selektif
Proses Belajar
§ Pembelajaran
meliputi perubahan perilaku seseorang yang timbul dari pengalaman.
ú Drive
(dorongan) sebagai stimulus internal kuat yang memicu suatu tindakan.
ú Cues
(petunjuk) adalah stimuli minor yang menentukan kapan, dimana, dan bagaimana
seseorang bereaksi.
ú Discrimination
(diskriminasi) berarti ia telah mengenali perbedaan-perbedaan dalam serangkaian
stimuli yang serupa dan dapat menyesuaikan responnya.
ú Keyakinan
dan Sikap
ú Belief (keyakinan) adalah
gambaran pemikiran yang dianut seseorang mengenai suatu hal.
ú Spreading
activation
ú Attitude (sikap) adalah
evaluasi, perasaan emosional, dan kecendrungan tindakan yang menguntungkan atau
tidak menguntungkan dan bertahan lama dari seseorang terhadap suatu objek atau
gagasan
Proses
Keputusan Pembelian
§ Peranan
Dalam Pembelian
ú Initiator
(inisiator)
ú Influencer
(pemberi pengaruh)
ú Decider
(pengambil keputusan)
ú Buyer
(pembeli)
ú User
(pengguna)
§ Perilaku Pembelian
Empat Jenis
Perilaku Pembelian
Keterlibatan Tinggi
|
Keterlibatan rendah
|
|
Perbedaan Besar antar merk
|
perilaku pembelian
kompleks
|
Perilaku pembelian yang mencari variasi
|
Perbedaan kecil Antar
Merek
|
Perilaku pembelian yang mengurangi ketidaknyamanan
|
Perilaku pembelian yang rutin/biasa
|
Tahap-tahap Proses Keputusan Pembelian
Tahap-tahap Proses Keputusan Pembelian
1. Pengenalan masalah
2. Pencarian informasi
ú Sumber
pribadi: keluarga, teman,tetangga, kenalan.
ú sumber
komersial: iklan, wiraniaga, penyalur, kemasan, pejangan ditoko.
ú Sumber
publik: media massa, organisasi penentu peringkat konsumen.
ú Sumber
pengalaman: penanganan, pengkajian dan pemakaian produk
3. Evaluasi Alternatif
ú Attribut
Potensial yang diinginkan
Kamera : ketajaman gambar, kecepatan kamera,
ukuran kamera, harga
Hotel
: lokasi,
kebersihan, suasana, harga
Obat
kumur : warna,
efektivitas, kemampuan membunuh kuman, harga, rasa/aroma
Ban : keselamatan, umur pemakaian,
kualitas pemakaian, harga
ú Brand
beliefs (keyakinan merek)
ú Brand
image (citra merek)
4. Keputusan Pembelian
ú Strategi
yang dirancang untuk meransang keinginan dengan komputer :
1.
Merancang ulang komputer
2.
Mengubah keyakinan atas merek
3.
Mengubah keyakinan atas merek pesaing
4.
Mengubah bobot kepentingan atribut
5.
Menarik perhatian pada atribut yang
diabaikan
6.
Menggeser harapan ideal pelanggan.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus